Bab 1  
Pendahuluan

1.1. Latarbelakang

Selaras dengan program Universitas Brawijaya menuju Entrepreneurial University,       Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan berbagai kebijakan dan program untuk mendukung terciptanya lulusan perguruan tinggi yang lebih siap bekerja dan menciptakan pekerjaan. Berdasarkan pengamatan, dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Cooperative Education (Co-op) diharapkan makin banyak menghasilkan alumni yang terbukti makin kompetitif di dunia kerja; dan perkembangan yang cukup menjanjikan adalah bahwa hasil karya inovasi mahasiswa melalui PKM memiliki potensi yang prospektif untuk ditindak-lanjuti secara komersial menjadi sebuah embrio bisnis berbasis Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS). Dengan demikian, kebijakan dan program penguatan kelembagaan yang mampu memberikan dorongan makin besar dalam peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan basis IPTEKS sangat diperlukan.

Mendasarkan kepada latar belakang tersebut, maka Universitas Brawijaya melaksanakan Program Mahasiswa Wirausaha (selanjutnya PMW) yang merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya seperti PKM, Co-op, KKU dan sejenisnya yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan maksud utama sebagai suatu jembatan yang menghantarkan para mahasiswa calon lulusan agar segera mengenal (getting-in) dan memasuki (getting-along) dunia bisnis riil melalui kegiatan fasilitasi business start-up. PMW sebagai bagian dari strategi pendidikan di Perguruan Tinggi, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sedang dipelajarinya. Kegiatan fasilitasi yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausaaan magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan usaha. Pada akhirnya, PMW memang diharapkan mampu memberikan dukungan  makin berarti terhadap kehendak pemerintah dalam mewujudkan kemandiriian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan Usaha Kecil  Menengah (selanjutnya UKM).

 

1.2. Landasan Program

Pengertian kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah kepada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan adalah suatu proses kreativitas dan inovasi yang mempunyai resiko tinggi untuk menghasilkan nilai tambah bagi produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendatangkan kemakmuran bagi wirausahawan. Kewirausahaan itu dapat dipelajari walaupun ada juga orang-orang tertentu yang mempunyai bakat alamiah dalam hal kewirausahaan.

Inti kewirausahaan adalah adanya cara berfikir kreatif dan inovatif. Cara tersebut dapat dituangkan dalam berbagai hal termasuk pemilihan jenis usaha, mengelola produksi, mengembangkan pemasaran, meningkatkan pengelolaan keuangan dan permodalan, pengorganisasian dan pengelolaan kelompok usaha, pengembangan jalinan kemitraan usaha.

 1.3. Tujuan dan Manfaat Program

1.3.1. Tujuan Program

  1. Meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business sehingga akan tercipta para wirausaha muda
  2. Menumbuh-kembangkan wirausaha baru berpendidikan tinggi
  3. Menciptakan unit bisnis baru berbasis IPTEKS
  4. Membangun jejaring bisnis antara wirausaha muda dengan wirausahawan mapan.

 

1.3.2. Manfaat Program

Terdapat setidaknya 3 pemangku kepentingan berkait dengan PMW yaitu [1] mahasiswa; [2] UKM, dan [3] Perguruan Tinggi pelaksana. Bagi mahasiswa PMW  dapat [a] Memberikan kesempatan untuk peningkatan soft-skill mahasiswa dengan terlibat langsung kondisi dunia kerja; [b] Memberikan kesempatan langsung untuk terlibat dalam usaha kecil menengah dan mengasah jiwa wirausaha; [c] Menumbuhkan jiwa bisnis sehingga memiliki keberanian memulai usaha dengan dukungan stimulan modal dan pendampingan yang diberikan.

Bagi Usaha Kecil Menengah, melalui PMW ada peluang : [a] Mendapatkan tenaga kerja terdidik berkompetensi memadai dan berpeluang dapat direkrut sebagai tenaga kerja baru atau mitra bisnis; [b] Mengisi kekurangan tenaga kerja pada masa puncak kegiatan produksi; [c] Memberikan akses terhadap informasi dan teknologi; [d] Memperkuat hubungan antara UKM dengan dunia kampus; [e] Memiliki perencanaan pengembangan sumberdaya manusia secara lebih matang dan berpeluang kerjasama untuk pengembangan usaha; dan [f] Membantu penyelesaian beberapa permasalahan usaha pada UKM melalui transfer of knowledge. Perguruan Tinggi pelaksana PMW juga memperoleh beberapa peluang dalam hal : [a] Penguatan kelembagaan dalam pengembangan program pendidikan kewirausahaan; [b] Memperluas kesempatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi; [c] Mempererat hubungan antara dunia akademis dengan dunia usaha; [d] Memungkinkan pengayaan kurikulum aplikatif bagi dunia usaha, serta [e] Menghasilan wirausahawan muda yang sukses di masa depan.

1.4. Konsep Pelaksanaan Program

Untuk mendorong pertumbuhan usaha berbasis IPTEKS, maka hasil-hasil kegiatan mahasiswa seperti hasil PKM, program Co-op atau program kewirausahaan lain yang telah dikembangkan di Perguruan Tinggi akan diprioritaskan sebagai input dalam PMW. Kriteria mahasiswa yang dapat mengikuti seleksi PMW adalah para mahasiswa yang telah menyelesaikan kuliah 3 semester (duduk di semester 4) atau minimal telah menempuh 60 sks. Di samping itu, para mahasiswa calon peserta program memiliki minat dan bakat kewirausahaan yang dapat ditunjukkan dengan pengalaman berwirausaha yang pernah dilakukan sebelumnya, mempunyai mitra usaha sebagai tempat mahasiswa melakukan konsultasi usaha, magang dan bimbingan usaha  .

Pada prinsipnya, Perguruan Tinggi pelaksana PMW dapat melaksanakannya melalui rangkaian beberapa kegiatan antara lain : [1] melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa dan UKM mitra sebagai calon pendamping dan lokasi magang bisnis, [2] melaksanakan indentifikasi dan proses seleksi mahasiswa calon peserta, [3] pembekalan kewirausahaan, [4] penyusunan rencana bisnis (business-plan) dan [5] penentuan mitra usaha  pada UKM bagi mahasiswa calon peserta yang telah lolos proses seleksi. Salah satu kriteria seleksi untuk mendapatkan dukungan permodalan adalah kelayakan usaha bisnis yang diajukan melalui dest evaluation,presentasi dan wawancara yang dilakukan oleh tim evaluator yang dibentuk untuk itu. Untuk memperkecil resiko terjadinya persaingan tidak sehat, maka jenis usaha yang akan dikembangkan oleh calon peserta PMW harus bersifat komplementer dengan kegiatan usaha yang dikerjakan oleh UKM pendamping.

Setelah melaksanakan konsultasi usaha di UKM (kecuali bagi mahasiswa alumni program Co-op), peserta mendirikan unit bisnis baru sesuai dengan rencana bisnisnya dan mendapatkan bimbingan usaha dari dosen dan UKM yang menjadi mitra usaha. Pendirian usaha baru dapat dilakukan secara individual sedang anggota kelompok berfungsi sebagai staf usaha. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan permintaan tanggung jawab pengelolaan usaha , jumlah anggota staf maksimal 5 orang. Jumlah modal kerja yang disediakan untuk pendirian usaha maksimal sebesar Rp. 8 juta,- . Pelaksanaan pendampingan  dilakukan baik oleh UKM mitra maupun Perguruan Tinggi pelaksana selama kurang lebih 9 bulan. Setelah masa pendampingan, diharapkan telah dihasilkan wirausaha baru dan unit usaha baru.

 

Bab 2  
Pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha

‘Dari sosialisasi PMW ke business-plan’

 

Program Mahasiswa Wirausaha di Universitas Brawijaya dilaksanakan berdasarkan arah pokok pikiran yang tertuang di dalam dokumen Terms of Reference yang diterbitkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementerian  Pendidikan Kebudayaan. Implementasinya diwujudkan ke dalam serangkaian kegiatan pokok yang dilaksanakan secara berjenjang mulai di tingkat rektorat sampai dengan level dekanat, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Brawijaya. Kegiatan pokok dimaksud disajikan pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1. Kegiatan Pokok dalam Pelaksanaan PMW Universitas Brawijaya.

 

No.

Kegiatan Pokok

1

Sosialisasi PMW dan konsolidasi dengan para Pembantu Dekan III.

2

Sosialisasi PMW kepada seluruh unsur pimpinan Universitas, Fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa.

3

Seleksi administrasi proposal PMW Tim evaluator bagian Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (Koordinasi oleh Biro Administrasi  Kemahasiswaan).

Persiapan dan pelaksanaan pelatihan kewirausahaan, serta pelatihan formulasi business-plan.

4

Seleksi proposal PMW di tingkat Universitas oleh Tim evaluator Pusat dan penetapan stmultan modal usaha calon peserta PMW.

5

Evaluasi dan penetapan proposal yang lolos didanai dari PMW oleh Tim reviewer ( Koordinasi dengan Pemb. Rektor III)

7

Konsultasi dan bimbingan dengan UKM Mitra

8

Pencairan stimulan modal-usaha dari PMW kepada peserta PMW

9

Pemantauan dan evaluasi

10

Pelaporan pelaksanaan PMW.

 

Kegiatan pokok PMW tersebut di atas selanjutnya diurai ke dalam rancangan operasionalisasi berupa kegiatan-kegiatan yang dimulai pada pertengahan bulan Maret 2012 dan diperkirakan dapat diselesaikan pada akhir bulan November 2012 (periksa Tabel 2.2.).

 

Tabel 2.2. Rencana Operasionalisasi Kegiatan PMW Universitas Brawijaya.

 

No.

 

Indikasi Kegiatan

 

Pelaksanaan

 

   

   

3

Pembuatan buku pedoman Januari 2012

4

Pembuatan kesepakatan dengan PD III Pebruari 2012

5

Sosialisasi Program Maret – April 2012

6

Pendaftaran peserta PMW 1 – 25 Mei

Seleksi Administrasi 26 -30 Mei 2012

7

Pengumuman lolos seleksi administrasi 1 Juni 2012

8

Pelatihan kewirausahaan dan business plan 8-9 Juni 2012

9

Pembentukan tim reviewer 11 Juni 2012

10

Workshopsistim seleksi 21 Juni 2012

11

Penilaian desk evaluation 22- 29 Juni 2012

12

Wawancara proposal 2 Juli 2012

13

Worksop penentuan mahasiswa lolos 20 Juli 2012

14

Pengumuman mahasiswa lolos didanai 10 Agustus 2012

15

Kegiatan Magang Agustus 2012

16

Start up bisnis Agustus 2012

17

Laporan perkembangan usaha September 2012

18

Monev internal Oktober 2012

19

Monev lapang Okotober 2012

20

Laporan kahir November November 2012

 

 

 

 

 

 

 

2.1. Sosialisasi dan Konsolidasi

Kegiatan sosialisasi PMW serta konsolidasi dilakukan dengan seluruh Pembantu Dekan III di lingkungan Universitas Brawijaya, utamanya untuk menentukan mekanisme dan perangkat sistem seleksi proposal PMW. Disepakati  bahwa seleksi proposal dilakukan 2 tahapan yaitu seleski administrasi oleh bagian Kemahasiswaan Universitas ; sedangkan proses evaluasi dan seleksi proposal  berlangsung di tingkat Universitas yang dilakukan oleh tim. Pada tahap sosialisasi dan konsolidasi dilaksanakan pula produksi dan distribusi poster PMW spanduk  ke setiap fakultas dalam lingkup Universitas Brawijaya, pemasangan spanduk di jalan protokol kampus Universitas Brawijaya. Proses pembicaraan tentang panduan penulisan proposal PMW berlangsung di dalam rapat – rapat di bawah koordinasi Pembantu Rektor III Universitas Brawijaya. Bentuk awal substansi panduan penulisan proposal PMW telah disepakati; meskipun dari sisi tampilannya masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan di masa akan datang. Pokok-pokok panduan penulisan proposal PMW didistribusikan ke seluruh fakultas dan selanjutnya diumumkan dengan cara menempelkannya di papan-papan pengumuman oleh Bagian Kemahasiswaan masing-masing.dari hasil sosialisasi terkumpul calon peserta PMW sebanyak 227 proposal dari berbagai Fakultas seperti terlihat dalam tabel:2.3

 

 

 

 

 

Tabel:2.3  Pendaftar PMW tahun 2012menurut Fakultas

No Fakultas Jml Proposal Anggaran yang diajukan
1 Hukum

2

15.700.000

2 Ekonomi

21

60.328.000

3 Ilmu Administrasi

26

199.318.000

4 Pertanian

18

138.871.140

5 Peternakan

15

115.612.500

6 Tehnik

7

57.183.000

7 Kedokteran

13

97.492.000

8 Perikanan & IK

47

396.870.251

9 MIPA

7

46.407.202

10 Tehnologi Pertanian

17

137.437.046

11 Ilmu Budaya

10

73.906.000

12 FISIP

21

176.278.000

13 Kedokteran Hewan

13

86.966.500

14 Vokasi

9

64.860.030

15 Program TI dan Ilkom

1

8.000.000

  Jumlah

227

1.675.229.669

Catatan :

Proposal bersifat perorangan jadi jumlah proposal yang masuk menunjukkan jumlah mahasiswa yang terlibat

 

 

 

Pembantu Dekan III berwenang mengusulkan anggota  Tim Evaluator Proposal PMW dari Fakultas (Tim Fakultas) masing-masing . Koordinasi  proses seleksi substantif dan administratif dilaksanakan tim Universitas ,  hasil beserta dokumen proposal PMW yang lolos seleksi administrasi dikirimkan kepada Tim Evaluator Proposal PMW Universitas (Tim Universitas) untuk proses seleksi proposal PMW lebih lanjut di level Universitas. PD III dapat menjadi Tim evaluator Proposal PMW Universitas. Daftar nama Anggota Tim Evaluator Proposal PMW  disajikan pada Tabel 2.4.

 

Tabel 2.4 Daftar Nama Anggota Tim Evaluator Proposal PMW Universitas Brawijaya.

 

No.

 

Nama

 

Institusi

 

1

Dr. Ir. Purwadi, MS. Fakultas Peternakan

2

Drs. Wasis,MSi Fakultas MIPA

3

Dr.Iwan Permadi,SE,SH,M.Hum Fakultas Hukum

4

Dr. Djoko Soetjiptadi,SE,MM. Fakultas Ekonomi

5

Ir. Anang Lastarianto,MS Fakultas Teknologi Pertanian

6

Dr. Ir. Nudin Harahap,MS Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

7

Ir. Sugiarto,MT Fakultas Tehnik

8

Ainul Hayat,S.Pd. MSi Fakultas Ilmu Administrasi

9

Ns Kumboyono,S.Kep. Sp.Kom Fakultas Kedokteran

10.

Imron Rojuli,SE,MA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

11.

Mangku Purnomo, SP,Ph.D Fakultas Pertanian

12.

Isti Purwaningtyas,S.Pd.,MSi. Fakultas Ilmu Budaya

   

 

Pengajuan Proposal asal Fakultas dan judul usaha disajikan pada  lampiran I.

 

 

 

 

2.2. Seleksi Proposal dan Pelatihan Kewirausahaan

Sesuai dengan jadual dan mekanisme yang telah disampaikan, mahasiswa membuat proposal usaha sesuai pedoman penulisan yang telah ditetapkan. Selanjutnya, di bawah koordinasi PD III masing-masing Fakultas, proposal yang terkumpul diseleksi oleh Tim Evaluator Proposal PMW  berdasarkan sistim penilaian yang telah ditetapkan panitia PMW (periksa Lampiran 2). Hasil rekapitulasi nilai yang telah didapat dari  evaluator disusun berurutan mulai dari nilai tertinggi (cara peringkat). yakni desk evaluation dan wawancara

 

Berdasarkan karakteristik judul proposal (227 judul) yang diajukan oleh mahasiswa proponen PMW dalam lingkup Universitas Brawijaya,Biro kemahasiswaan melakukan seleksi administrasiyang meliputi kelengkapan dokumen pendukung seperti transkrip/kartu Hasil Studi,  Curiculum Vitage,lembar persetujuan,kesesesuaian proposal dengan pedoman penulisan   . Dari hasil seleksi administrasi dapat dinyatakan lolos 120 proposal,  hasil selekis administrasi   nampaknya dapat dikelompokkan ke dalam 4 business-clusters, yaitu : [1] cluster agro-kompleks; [2] cluster makanan; [3] cluster jasa; dan [4] cluster sovenir. Seperi tampak dalam tabel 2.5 :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel :2.5 Sebaran cluster proposal Program Mahasiswa Wirausaha 2012

No Fak Agrokomplek Makanan Jasa sovenir Jml
  Ekonomi 2 6 0 2 10
  FPIK 4 11 6 1 22
  Pertanian 3 7 0 2 12
  Peternakan 4 6 2 0 12
  FTP 1 4 2 2 9
  Vokasi 1 1 2 2 6
  FISIP 0 6 2 0 8
  Ilmu Administrasi 0 9 3 2 14
  Ilmu Budaya 0 2 2 4 8
  Kedokteran 0 6 3 0 9
  Kedokteran Hewan 0 2 1 3 6
  Tehnik 0 0 0 2 2
  Hukum 0 1 0 0 1
  MIPA 0 1 0 0 1
  Jumlah 15 62 23 20 120

 

Mahasiswa yang lolos seleksi administrasi sebanyak 120 mahasiswa, selanjutnya  mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Panitia PMW selama 2 ( hari ) dengan pemateri dari kalangan Dosen, alumni PMW yang sukses, Perbankan dan dari HIPMI Cabang Malang

 

 

JADWAL PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2012

 

HARI              : JUMAT, 8 JUNI 2012

KLAS              : SELURUH PESERTA PELATIHAN

LOKASI          : RUANG JAMUAN GEDUNG REKTORAT LANTAI 6

 

NO

WAKTU

ACARA

PEMATERI

1

07.30 – 08.00 Her Registrasi Panitia

2

08.00 – 08.30 Pembukaan :

  1. Laporan Panitia

 

  1. Sambutan&Pembukaan

 

  1. Doa

 

  1. Coffee Break

 

 

Staf Ahli PR III

 

Pembantu Rektor III

 

Panitia

 

Panitia

3

08.30 – 10.00 Motivasi Berwirausaha Faisal Alfa, S.Ilkom( UKM)

Moderator : Dr.Ir. Budi Prasetya, MP

Notulen : Siti Unun Fatayati, S.AB

4

10.00 – 11.30 Networking Rizal Firmansyah, SS( UKM)

Moderator : Arief Zainuddin, SH.,M.Hum

Notulen : Ratna Kartika, A.Md

5

11.30 – 13.00 ISHOMA PANITIA

6

13.00 – 14.30 Teknik Penyusunan Rencana Bisnis Roeslan Feliano, SE., MM (Bank Mandiri)

Moderator : Nanang Suryadi, SE.,MM

Notulen : RA. Mariyatul Kiptiyah, S.Kom

7

14.30 – 16.00 Kemitraan Endra, ST ( Alumni PMW )

Moderator : Dr. Ir. Harsuko Riniwati, MS.

Notulen :

Nuringsih P.,S.AB

 

HARI              : SABTU, 9 JUNI 2012

KLAS              : SELURUH PESERTA PELATIHAN

LOKASI          : RUANG JAMUAN GEDUNG REKTORAT LANTAI 6

 

NO

WAKTU

ACARA

PEMATERI

1

08.30 – 09.00 Her Registrasi Panitia

2

09.00 – 10.30 Manajemen Keuangan Usaha Kecil Akie Rusaktiva MSA, Akt.(Dosen FE UB)

Moderator : Dr. Drs. Suryadi, MS

Notulen : Okky Indra H, S.Kom

3

10.30 – 12.00 Bisnis Plan Dr. Sumiati, SE., MM. (Dosen FE UB)

Moderator : Dr. Ir. Elok Zubaidah, MT

Notulen : Andi Pratomo W, ST

4

12.00 – 13.00 ISHOMA Panitia

5

13.00 – 14.30 Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Ferry Angga, S.Si (Alumni PMW )

Moderator : Dr. Ir. Eko Widodo, M.Agr.Sc

Notulen: Suharsinah, SE

6

14.30 – 16.00 Pemasaran dan Kewirausahaan Siti Hasniyah,SE ( HIPMI Cabang Malang

Moderator :

Dr. Ir. Guntur, MS

Notulen : Ria Widdi C, SE

7

16.00 – 16.30 Coffee Break Panitia

8

16.30 – 17.30 Pembagian Kuosioner Panitia

9

17.30 Penutupan Panitia

 

Dari hasil pelatihan ini diharapkan mahasiswa memperoleh bekal untuk berwirausaha  tentang gambaran rencana bisnis kedepan yang berguna bagi mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya.

 

Hasil proses seleksi administrasi proposal dibagian kemahasiswaan dan pelatihan kewrausahaan, mahasiswa mengikuti seleksi oleh  Tim Evaluator Proposal PMW Universitas Brawijaya untuk tahap desk evaluation dan proses wawancara oleh evaluator. Proses lebih lanjut untuk menetapkan proposal PMW yang akan didanai dikerjakan melalui rapat teknis serta beberapa kali workshop antara Tim Evaluator Proposal PMW Universitas Brawijaya dengan Pembantu Rektor III, dan para Pembantu Dekan III di lingkungan Universitas Brawijaya

Berdasarkan hasil seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi tingkat universitas yang meliputi desk evaluation dan wawancara, maka Tim Evaluator tingkat Universitas Brawijaya mengadakan serangkaian kegiatan untuk mempersiapkan seleksi penentuan hasil akhir seleksi. Setelah dilakukan desk evaluation dilanjutkan dengan wawancara dengan cara menghadirkan langsung calon penerima bantuan modal untuk mempresentasikan businessplan  didepan tim evaluator dari hasil peresentasi dan desk evalution  dapat dihasilkan rangking calon menerima bantuan modal dari tiap tiap tim evaluator

 

Ikhtisar umum Business-Cluster proposal yang pada akhirnya ditetapkan dibiayai oleh Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya – Direktorat pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2012 disajikan pada Tabel 2.8.

 

 

 

Tabel 2.8 Ikhtisar Umum Business Cluster Proposal yang Dibiayai oleh Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya – Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan DITJENDIKTI  Tahun 2012.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secara garis besar, sebanyak 98 judul proposal bisnis dari 14 fakultas dan program vokasi di lingkup Universitas Brawijaya secara definitif ditetapkan untuk dibiayai oleh Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya – Direktorat pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kementerian Pendidikan Nasional tahun 2012. Di dalam  proposal bisnis dimaksud terhimpun potensi dasar entrepreneurship  mahasiswa calon penggerak bisnis yang direncanakan dan diharapkan dapat berjalan serta berkembang dengan baik dan sehat.dapat dilihat di tabel:2.9

Tabel:2.9 Daftar proposal PMW yang lolos didanai menurut Fakultas

NO

Fakultas

Jml

mhs

Anggaran PBN

Anggaran BOPTN

Jumlah

1 Tehnologi Pertanian 8

12.000.000

37.200.000

49.200.000

2 Tehnik 2

13.000.000

0

13.000.000

3 Perikanan & IK 19

34.150.000

80.000.000

114.150.000

4 Peternakan 9

14.500.000

39.987.000

54.487.000

5 Ekonomi 7

13.000.000

 28.800.000

41.800.000

6 MIPA 1

0

 5.200.000

5.200.000

7 Ilmu Administrasi 10

25.050.000

 39.500.000

64.550.000

8 Pertanian 8

11.500.000

  31.228.800

42.728.800

9 Kedokteran 8

12.750.000

 39.400.000

52.150.000

10 Kedokteran Hewan 5

27.050.000

 6.500.000

33.550.000

11 Ilmu Budaya 7

20.000.000

 18.500.000

38.500.000

12 FISIP 7

17.000.000

 22.427.000

39.427.000

13 Hukum 1

0

6.000.000

6.000.000

14 Vokasi 6

0

36.000.000

36.000.000

  Jumlah 98

200.000.000

390.742.800

590.742.800

 

Dalam hal urutan jumlah mahasiswa calon penerima manfaat stimulan modal Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2012 mulai dari yang terbanyak secara berurutan adalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 19 mahasiswa ( Rp. 114.150.000),Fakultas Ilmu Administrasi 10 mahasiswa ( Rp.64.550.000) Fakultas Peternakan 9 mahasiswa( Rp.54.487.000) Fakultas Kedokteran 8 mahasiswa ( Rp.52.150.000 ) Fakultas Tehnologi Pertanian 8 mahasiswa (Rp.49.200.000) Fakultas Ekonomi dan Bisnis 7 mahasiswa ( Rp. 41.800.000 )Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 7 mahasiswa ( Rp. 39.427.000 )  Fakultas Ilmu Budaya 7 mahasiswa ( Rp.38.500.000 ) Fakultas kedokteran 8 proposal ( 25 mahasiswa ) Program vokasi 6 mahasiswa ( Rp.36.000.000) Program Kedokteran Hewan 5 mahasiswa  ( Rp.33.550.000 ) Fakultas Tehnik 2 mahasiswa (Rp.13.000.000 ) Fakultas Hukum 1 mahasiswa ( Rp.6000.000 ) Fakultas MIPA 1 mahasiswa ( Rp.5.200.000 ).                                                            Terdapat keragaman minat para mahasiswa proponen PMW dari 13 fakultas dan 1 program Vokasi yang berspektrum luas terhadap jenis bisnis (business-cluster) yang diperkirakan memiliki prospek bagus dan menguntungkan. Hal dimaksud ditunjukkan melalui beberapa proposal (business-plan) yang diawaki oleh para mahasiswa. Atau dengan lain perkataan bahwa meskipun masih dalam kadar terbatas, telah timbul kerjasama mahasiswa multi-fakultas di dalam menggagas business-plan, meskipun motif maupun modus kerjasama bisnis dimaksud belum terungkap secara jelas dan gamblang.

Jika saja petunjuk minat bisnis para mahasiswa dapat disandarkan kepada indikator topik atau judul proposal serta business-plan yang diajukan oleh mahasiswa secara individual ) dan disetujui untuk dibiayai oleh Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Brawijaya. Business-cluster foods and drinks – yakni bisnis yang hendak berinovasi dalam produksi, distribusi maupun preparasi dan services (penyajian – penghidangan) makanan jadi atau minuman – menarik minat mahasiswa dalam mengoperasikan 52 unit bisnis foods and drinks. Business-cluster business souvenir 20 unit bisnis,ketiga yakni; Jasa terdapat 15 unit bisnis dan yang paling sedikit peminatnya adalah business Agrokomplek Hanya terdapat 11 unit bisnis. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa business-cluster foods and drinks nampaknya sangat diminati oleh para mahasiswa calon wirausahawan muda pada Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2012

 

2.3. Pelatihan & Pembekalan Kewirausahaan.

Pelatihan dan pembekalan kewirausahaan diikuti oleh peserta mahasiswa yang lolos seleksi administrasi yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Juni 2012 pemateri terdiri dari unsur perbankan, HIPMI, UKM dan alumni PMW dan dosen kewirausahaan  .   Pada waktu pelatihan, calon pebisnis juga telah dikenalkan kepada ragam perkreditan yang disediakan oleh lembaga finansial milik pemerintah (Bank Mandiri Cabang Malang). Hal itu sengaja diberikan dengan maksud memberikan gambaran lebih kongkrit  kaitan-kaitan yang mungkin terjadi antara pihak pengusaha atau operator bisnis dengan lembaga keuangan formal milik pemerintah, non milik pemerintah maupun lembaga keuangan non-formal lain yang secara langsung maupun tak langsung berkait dengan kepentingan permodalan dan aspek legal-formal dalam kaitan dengan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pada pelatihan ini peserta dibekali ilmu-ilmu bisnis dan pemasaran, selain itu juga terdapat kegiatan motivasi enterpreneur. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa nantinya menjadi seorang pengusaha (entrepreneur) yang mental tangguh dan siap menghadapi segala tantangan.

 Pada penghujung pelatihan, perhatian mahasiswa peserta pelatihan semakin difokuskan kepada rasionalisasi proposal awal masing-masing  yang melulu mendasarkan kepada aspek teknis-teoritik diterjemahkan ke dalam kerangka-logika bisnis dalam bentuk dokumen business-plan yang memiliki aturan dan pedoman penulisan tertentu.