Apa itu business plan? Business plan merupakan rancangan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis secara menyeluruh terhadap semua aspek yang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha bisnis.

Melaui sebuah business plan yang mantap akan memberi jaminan yang lebih keseriusan dari pengelola bisnis yang bersangkutan. Business plan juga merupakan cara Anda untuk meyakinkan pihak investor atau pemberi dana hibah di perusahaan yang akan Anda buat.

Business plan yang baik akan mengandung isian yang jelas dan mudah dipahami apa sebenarnya yang menjadi maksud tujuan, upaya-upaya, gambaran target, strategi dan sebagainya.

Biasanya pihak-pihak pemberi dana hibah akan menilai tak hanya dari aspek kejelasan saja, namun sejauh mana kebermanfaatan dari rancangan bisnis yang diupayakan. Langkah-langkah dan target seperti apa yang dipersiapkan dikemudian hari untuk mengantisipasi berbagai persoalan yang akan dihadapi perusahaan.

Sebuah business plan biasanya diperlukan saat Anda akan mengikuti sebuah kompetisi dana hibah untuk usaha bisnis. Jika Anda sedang merancang sebuah business plan untuk sebuah even kompetisi bisnis, maka yang paling penting Anda lakukan ditahap awal adalah bagaimana menyajikan sesuatu yang mudah dipahami oleh orang lain, simpel tidak bertele-tele namun tetap memuat tujuan yang hendak dicapai.

Apa saja yang biasanya ada di dalam sebuah business plan? Berikut ini beberapa aspek yang perlu dijelaskan pada sebuah business plan:

1. Gambaran bisnis secara umum, latar belakang dan visi misi
Di dalam business plan perlu disampaikan secara terperinci mengenai deskripsi usaha yang akan Anda lakukan, latar belakang yang mendasari Anda mengusung ide bisnis tersebut serta visi misi apa yang ingin dicapai di dalam menjalankan usaha bisnis tersebut ke depannya.

2. Deskripsi produk dan layanan
Business plan yang Anda rancang juga harus memuat bagaimana deskripsi produk yang Anda hasilkan serta bagaimana bentuk pelayanan yang Anda berikan kepada para konsumen bisnis Anda. Di dalam uraian produk dan layanan, sebaiknya Anda juga menampilkan bagaiman model dari bisnis model yang Anda rancang, serta value apa yang Anda pakai dalam mengembangkan usaha bisnis tersebut.

3. Rencana dan strategi marketing
Busines plan yang baik juga memuat bagaimana gambaran dan rencana strategi yang akan Anda jalankan terhadap perusahaan Anda. Sebuah usaha yang baik adalah usaha yang mengerti bagimana peran penting sebuah marketing di dalam keberlangsungan sebuah perusahaan yang akan Anda kelola.

4. Rencana operasional
Rencana operasional di dalam sebuah business plan memuat bagaimana gambaran pelaksanaan riil dari usaha bisnis yang akan Anda kelola nantinya. Mulai dari siapa yang akan menjadi suplier usaha bisnis sampai bagaimana nantinya cara yang Anda lakukan untuk mendapatkan sumber bahan baku bisnis.

5. Manajemen dan personal
Manajemen dan personal di dalam sebuah business plan meliputi aspek pengelolaan struktur organisasi, serta bagaimana upaya pengelolaan unsur sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Bagaimana upaya yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus mengembangkan pengetahuan dan skill para karyawannya dalam bekerja.

Merancang sebuah business plan yang baik sebelum Anda memulai sebuah usaha bisnis merupakan cara untuk mengantisipasi berbagai bentuk resiko yang akan Anda hadapi dikemudian hari dalam mengelola usaha bisnis. Dengan adanya business plan yang baik, akan menjadi panduan Anda dalam menjalankan dan menghadapi berbagai hambatan bisnis. Kepercayaan dari pihak-pihak seperti investor dan donatur juga akan terbangun.