Saya ingin sekali jadi entrepreneur. Tapi saya gak tau harus mulai dari mana. Pak, apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan itu sering sekali sampai ke saya, baik melalui email, BB, komen di facebook, twitter, maupun dari pesan di akun facebook pribadi saya. Sering saya jawab secara sederhananya seperti ini: Ya sudah, situ jalan-jalan ke pasar, lihat-lihat produk-produk yang ditawarkan, mulai dari sback, fashion atau apa saja. Lalu belilah borongan atau curah. Kemudian kemaslah kembali dengan nama dan merek milikmu sendiri.

Tapi, sebenernya menjadi seorang entrepreneur itu tidak cukup hanya itu. kalau hanya samapai di situ, itu baru jadi seorang pedagang, belum pebisnis. Nah, apa saja yang kita perlukan untuk memulai sebuah bisnis? Ayo kita simak satu persatu:

 

I was Born to be an Entrepreneur

1. Miliki mimpi besar

Beranilah bermimpi. Ya, impikanlah bisnis anda seperti apa setahun, 2 tahun dan 10 tahun kedepan. Tuliskan mimpi itu pada secarik kertas atau buku harian. Visualisasikan pula dengan gambar-gambar. Memiliki impian berarti punya tujuan atau GOAL yang terukur. Ini sangat penting, karena semua hal-hal besar diawali dari mimpi. Jangan takut atau malu bermimpi yang besar, karena sebenernya gak ada mimpi yang terlalu besar untuk dicapai, yang ada adalah action untuk mencapai mimpi itu yang terlalu kecil.

 2. Mulai wujudkan mimpi dengan tindakan

Segera sesuaikan mimpi dengan tindakan kecil. lakukanlah segala sesuatu yang menuju ke impian itu tercapai. Lakukanlah seolah-olah mimpi itu sudah sangat dekat, atau hampir tercapai dengan sedikit lagi tindakan nyata. Misal, anda bermimpi jadi pebisnis EO sukses, maka segeralah organisasi sebuah even di sekolah atau kampusmu atau di desamu. Lakukan itu dengan sungguh-sungguh sehingga bisa berjalan dengan sukses dan diingat orang. Dengan begitu, kamu mulai menuju ke impianmu, dan segera kamu akan dikenal orang sebagai organisatoris even yang handal. Bergaullah dengan orang-orang yang punya minat sejenis untuk belajar bagaimana menjalankan sebuah EO.

 

3. Yakin dengan pilihan bisnis yang dipilih

Fokuslah pada bisnis anda, dan yakinlah bahwa pilihan bisnis ini akan mengantarkan anda pada kesuksesan di masa yang akan datang. Sambil perbaiki terus kualitas layanan dan produk anda. Anda harus meyakini pilihan produk dan layanan anda adalah layanan dan produk berkualitas agar anda dengan mudah pula meyakinkan calon pembeli barang atau jasa anda.

4. Jangan takut salah

Lakukan saja, jangan takut berbuat kesalahan. Kesalahan itu biasa dalam hidup. ynag terpenting dari kesalahan itu adalah proses belajarnya. Jangan takut ambil keputusan. Karena sesungguhnya, tidak ada keputusan yang salah. Lakukan saja, suatu saat kamu akan mensyukuri keputusan ‘salah’ yang kamu ambil sebagai sebuah keberuntungan dan pelajaran besar.

5. Mencontoh orang lain itu boleh, tapi tetaplah unik

Mau sukses dgn cara sederhana? Belajarlah dari org-orang yg telah terlebih dahulu berhasil. BUT, Jangan meng-copy paste CARA SUKSES orang lain pada diri anda, karena latar belakang dan potensi anda unik dan berbeda dengan mereka.
INGAT, Andalah yang paling tau apa yg cocok dan bagus untuk Anda sendiri….

Apa yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok anda terapkan untuk diri sendiri. Tirulah lalu sesuaikan.


6. Belajar secara paripurna

Teruslah belajar memahami bisnis yang anda pilih. Anda harus jadi expert di pilihan anda dengan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam. Lakukan proses pembelajaran ini sambil terus menjalankan bisnis. Carilah celah dan informasi sebanyak-banyaknya sambil jalan. Lakukan itu dengan senang hati.

7. Hormati Orang lain

Perlakukan orang lain dengan penuh hormat. Apalagi itu calon pelanggan maupun pelanggan anda. Banyak bisnis rusak karena lupa dengan hal ini. Banyak bisnis rusak karena ketika pelanggan belum membeli, begitu dilayani dengan baik, tapi setelah membeli, layanan jadi berubah. Ingatlah, pelanggan itulah yang kita perlukan untuk bisnis kita, buka sebaliknya. Ya, kita yang butuh pelanggan, bukan pelanggan yang butuh kita. Maka perlakukan semua orang denga penuh hormat, sehingga tidak cuma bisnis yang anda dapatkan, tapi persaudaraan baru.

8. Hormati juga pesaing Anda

Perlakukan pesaing sebagai partner belajar.Lihat dan perhatikan dengan seksama apa kelebihan dan kekurangan pesaing. Lalu sempurnakan dalam bisnis anda. Jangan antipati pada persaingan. Hormati persaingan sebagai ajang mengukur diri. Perbaiki diri terus, inovasi terus. tujuannya bukan untuk mematikan pesaing, tapi untuk memenangkan pelanggan.

9. Siap berkorban dan pantang menyerah

Jangan terburu-buru memikirkan keuntungan, berkorbanlah materi, waktu dan tenaga untuk membangun bisnis. Lakukanlah penuh determinasi tinggi, bahkan samapai seharusnya sudah bosan, tetaplah lakukan dengan penuh passion. Kebanyakan orang sukses adalah orang yang ‘ngeyel’ dengan kebosanannya. Saat orang lain bosan, anda tetap melakukannya secara konsisten dan berinovasi terus.

10. Belajar berkomunikasi dengan benar

Yup, belajarlah berkomunikasi dengan baik. Karena dengan komunikasi yang benar, jujur dan terukur, anda bisa menyampaikan apa keinginan anda pada orang lain. Komunikasi itu meliputi pemilihan kata, intonasi, gestur tubuh dan mimik muka. Belajarlah berkomunikasi pada ahlinya. Yang terpenting, jujurlah!

11. Jangan ragu menggunakan mentor atau penasihat

Agar bisnis cepat berkembang, gunakanlah konsultan atau mentor. Bergaullah dengan orang-orang yang telah sukses terlebih dahulu. jadikanlah mereka mentor yang siap membimbingmu menuju kesuksesan juga.

12.  Selalu berpikir positif

Membangun bisnis tidak selalu akan mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Mereka mungkin saja akan mencemooh atau bahkan berusaha menghentikan langkah Anda. Jauhi perkataan negatif tersebut dan fokuslah kepada orang-orang yang mendorong dan menginspirasi Anda untuk terus maju.

13.  Manfaatkan teknologi

Teknologi adalah fasilitas. Manfaatkan. Terutama teknologi informasi seperti internet. Manfaatkan sebaik mungkin. Belajarlah menggunakan teknologi untuk membangun bisnis anda.

14. Have fun. Yup! Have fun!

Lakukanlah bisnis yang Anda sukai. Lakukanlah dengan senang hati. Lakukanlah dengan penuh gairah. Kewirausahaan tak ubahnya seperti roller coaster, kadang-kadang Anda ada di atas dan kadang-kadang di bawah. Nikmatilah setiap prosesnya, dan perjalanan Anda akan terasa lebih menyenangkan. Ya, have fun-lah dengan segala proses yang anda lewati.  Anggaplah semua itu sebuah petualangan yang mengasikkan.

15. Libatkan Allah selalu….

Last but not least…….
Jangan hanya mengandalkan otakmu. Andalkanlah hati dan Allah. Minta bantuan pada-NYA. Karena kamu libatkan atau tidak, ALLAH tetap terlibat dalam setiap nafas hidupmu.

 Sumber Kampungwirausaha.com