“Karakter Seperti Sebuah Pohon Dan Reputasinya Seperti Bayangannya. Bayangan Adalah Apa Yang Kami Pikir Itu, Pohon Adalah Hal Yang Nyata.”-Abraham Lincoln.

. Pendidikan karakter dalam kampus bertujuan membangun kualitas pribadi yang mampu berkontribusi secara luar biasa untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yangdidasari akhlak mulya. Kualitas karakter yang dibutuhkan meliputi kejujuran, menghormati, tanggung jawab, keadilan, kewajaran, kebenaran, melayani, merawat, integritas, disiplin, keberanian, bergaul, kebajikan, pengasih, sopan-santun, terpercaya, dan patuh pada etika dan standar moral positif.

Pengembangan karakter ini dirancang untuk tujuan membawa insane kampus bersama-sama kepada perilaku kerja yang penuh integritas, etis, dan loyal  menyentuh sifat, perilaku, kebiasaan-kebiasaan, dan moralitas . Hal ini akan menciptakan kesadaran moral dalam pengembangan karakter, menghasilkan sumber daya manusia yang sensitif terhadap nilai-nilai integritas, loyalitas, etis, dan moralitas. Kondisi ini akan menjadi hal ideal untuk membangun fondasi  yang kredibel dan berkualitas tinggi.

 karakter diri yang telah diperkaya dengan nilai integritas, kejujuran, kebaikan, motivasi, dan kebijaksanaan diri tertinggi merupakan lansan yang kokoh bagi perkembangan ilmu . Seseorang ingin menjadi pribadi berkarakter sukses, maka dia harus meletakkan setiap keinginan, harapan, obsesi, dan cita-citanya di dalam karakter  yang menegaskan kesuksesan secara bijak. Karakter diri yang telah diperkaya itu akan berjuang tanpa mengenal kata menyerah, untuk mendapatkan apa yang diinginkan di dalam hidupnya dengan visi yang jelas. Karakter diri juga akan belajar tentang apa yang baik, serta berkembang untuk meningkatkan semua potensi baik ke dalam diri.

 “Karakter Tidak Bisa Dikembangkan Dalam Kemudahan Dan Ketenangan. Hanya Melalui Percobaan Dan Penderitaan Jiwa Karakter Dapat Diperkuat, Visi Diperjelas, Ambisi Diilhami Dan Keberhasilan Dicapai.” -Helen Keller.

Setiap pribadi itu unik, jadi setiap pribadi harus memahami apa saja yang baik buat dirinya, tidak asal mengcopy karakter orang lain menjadi karakter dirinya, dan harus berpikir positif untuk menjadi yang terbaik yang ideal dengan diri sendiri. Salah satu cara untuk membangun karakter yang sesuai dengan jati diri Anda, adalah dengan mengidentifikasikan semua kekurangan dan ancaman diri, kemudian membangun karakter diri yang ideal melalui kekuatan fisik tubuh, mental diri, emosional diri, pergaulan sosial, dan pengembangan kekuatan spiritual dan motivasi.