Dalam upaya mendukung pengendalian inflasi akibat dampak fluktuasi harga cabai dan sejalan pula dengan program kewirausahaan, Bank Indonesia menyelenggarakan kompetisi nasional “Bertarung Inovasi Sambal Anak Negeri” bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM serta ritel modern. Pendaftaran calon peserta kompetisi ini dimulai sejak 20 September 2013 dan akan ditutup pada 16 Oktober 2013 (cap pos). Melalui kompetisi ini diharapkan fluktuasi harga cabai antar musim menjadi lebih terkendali dengan tersedianya pasokan cabai dalam bentuk yang sudah diolah dan sekaligus menumbuhkan perubahan pola di masyarakat dari mengkonsumsi cabai segar menjadi cabai olahan. Di samping itu, dari kompetisi ini diharapkan akan tumbuh inovasi produk cabe olahan dan entrepreneurship baru sehingga tercipta lapangan kerja.

Berdasarkan data Bank Indonesia, perilaku inflasi volatile food sejak tahun 2006, termasuk cabai, cenderung persisten dan lebih tinggi dari inflasi kelompok inti. Dari sisi penawaran, hal tersebut, terutama disebabkan oleh terganggunya pasokan akibat faktor musim/iklim atau terganggunya distribusi. Pada saat panen terjadi over supply, sehingga pasokan tidak terserap pasar, sebaliknya pada musim kering harganya meningkat. Dari sisi permintaan, perilaku masyarakat yang masih terbiasa mengkonsumsi cabai segar menyebabkan permintaan cabai di periode tertentu meningkat sehingga menyebabkan fluktuasi harga cabai.

Kompetisi ini digelar dalam beberapa tahapan: (1) Seleksi Administrasi; (2) Seleksi Produk; (3) Pelatihan Entrepreneurship kepada 20 (dua puluh) finalis; (4) seleksi final untuk memilih 3 pemenang. Proses seleksi akan melibatkan stakeholder terkait yaitu kementerian, akademisi, pakar kuliner, ritel/pasar modern dan instansi lainnya. Selanjutnya kepada 20 finalis akan memperoleh pelatihan entrepreneurship dan berpeluang menjadi pemasok jaringan ritel/pasar modern. Bagi 3 (tiga) pemenang akan memperoleh hadiah senilai total Rp. 50 juta dan peliputan di media nasional.

I. Syarat peserta

  1. WNI berusia minimal 18 tahun
  2. Produsen sambal berskala mikro, kecil dan menengah, serta bukan merupakan anak perusahaan besar 
  3. Berkeinginan mengembangkan usaha dan masuk ke jaringan ritel/pasar modern
  4. Bersedia mengikuti pelatihan di Jakarta apabila terpilih menjadi finalis
  5. Bersedia mengikuti seluruh ketentuan dan tahapan kompetisi

II. Syarat produk

  1. Sambal berbahan dasar utama cabai
  2. Sekurang-kurangnya memiliki izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga)
  3. Telah dipasarkan di tingkat lokal belum sampai ke jaringan nasional
  4. Telah dikemas dan mencantumkan tanggal kadaluarsa dan komposisi

III. Ketentuan Kompetisi

  1. Tahapan Kompetisi Bertarung Inovasi Sambal Anak Negeri adalah sbb.:

    1. Tahap 1, Seleksi Administrasi, formulir pendaftaran yang diterima akan diseleksi oleh pihak panitia untuk menentukan 100 (seratus) peserta terbaik.
    2. Tahap 2, Seleksi Produk, 100 (seratus) peserta terbaik akan dihubungi panitia untuk mengirimkan contoh produk dan dinilai untuk menentukan 20 (dua puluh) finalis.
    3. Tahap 3, Pelatihan Entrepreneurship, 20 (dua puluh) finalis akan diikutsertakan dalam pelatihan selama 5 (lima) hari di Jakarta (waktu dan tempat diinformasikan kemudian).
    4. Tahap 4, Seleksi Final: Presentasi Rencana Bisnis dan Inovasi Produk oleh para finalis di hari terakhir pelatihan untuk menentukan 3 (tiga) pemenang.
  2. Seluruh dokumen kompetisi (al. form pendaftaran, foto produk, foto atau video proses produksi, contoh produk, foto atau video kegiatan kompetisi) menjadi milik panitia dan dapat dipergunakan untuk kepentingan materi publikasi.
  3. Peserta tidak dipungut biaya untuk kompetisi ini.
  4. Dalam hal finalis adalah kelompok maka peserta pelatihan hanya diwakili oleh 1 (satu) orang
  5. Peserta wajib menanda tangani pernyataan dalam formulir pendaftaran sbb.: (1) Berkeinginan mengembangkan usaha dan masuk ke jaringan ritel/pasar modern, (2) Bersedia mengikuti pelatihan di Jakarta apabila terpilih menjadi finalis, (3) Bersedia mengikuti seluruh ketentuan dan tahapan kompetisi.
  6. Seluruh peserta wajib menjunjung tinggi asas sportivitas dan kejujuran.
  7. Keputusan Dewan Juri merupakan keputusan final dan tidak dapat di ganggu gugat.
  8. Hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan ini akan dibuat ketentuan tambahan sesuai dengan kondisi yang berlaku.

IV. Hadiah

20 finalis:

  1. Mendapat pelatihan entrepreneurship selama 5 hari di Bank Indonesia-Jakarta*
  2. Berpeluang menjadi pemasok jaringan ritel/pasar modern
  3. Menerima piagam penghargaan dari Bank Indonesia

3 Pemenang:

  1. Memperoleh hadiah senilai total Rp. 50 juta
  2. Peliputan di media nasional

*) Biaya pelatihan, uang saku, transportasi dan akomodasi pelatihan ditanggung Bank Indonesia

Formulir pendaftaran dapat diperoleh di:

Formulir pendaftaran dikirim ke:
Panitia Bertarung Inovasi Sambal Anak Negeri
Gedung Kompas-Gramedia Unit 2 Lantai 4
ACT Department
Jl. Panjang No.8A Jakarta Barat
atau
Email ke: sambalanaknegeri@gmail.com

Batas waktu pengiriman formulir pendaftaran:
Paling lambat 16 Oktober 2013 (cap pos) 


Apakah Artikel ini memberikan informasi
berguna bagi anda?
Nilai halaman ini:  Jelek Bagus
Komentar: