1.                                                                                                                                 I.      LATAR BELAKANG KEGIATAN

 

  1. Kewirausahaan merupakan salah satu alternatif penciptaan lapangan pekerjaan dan peningkatan penghasilan bagi masyarakat Indonesia.
  2. Penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan penghasilan penduduk daerah merupakan tantangan pembangunan sector riil di Indonesia.
  3. Universitas Brawijaya sangat peduli dengan kewirausahaan, utamanya untuk mendukung para pengusaha baru yang berwawasan lingkungan dan masih berstatus sebagai mahasiswa.
  4. Pengangguran berpendidikan, para alumni perguruan tinggi, terus meningkat dan dengan memberikan terobosan dukungan bagi mahasiswa untuk membangun wirausaha sejak dini, Universitas Brawijaya dapat berkontribusi dalam mengurangi tantangan ketenagakerjaan dan kesenjangan ekonomi di depan.
  5. Namun, baik usaha yang telah dijalankan oleh mahasiswa, rata-rata belum memiliki perencanaan usaha yang dapat dijadikan acuan pengelolaan usahanya ke depan serta belum mengarahkan usahanya kearah usaha yang berwawasan lingkungan.
  6. Start Your Green Business, merupakan modul yang dikembangkan oleh International Labour Organisation (ILO) dan diadopsi oleh Trainer yang telah mengikuti ToT SYGB untuk digunakan sebagai modul pemandu penilaian dan perencanaan usaha yang dapat ditindaklanjuti.

 

  1.                                                                                                                                        II.      AKTIVITAS DAN TUJUAN

 

Pelatihan Start Your Green Business ini bertujuan:

2.1.    Memberikan pengetahuan, keahlian dan mendorong perubahan perilaku para       pengusaha baru agar dapat merencanakan usahanya dengan lebih baik.

2.2.    Memfasilitasi jejaring dan kerjasama antar para pelaku usaha dari masing- masing bidang usaha

2.3.    Membantu para pengusaha untuk bekerjasama secara kolektif untuk          mempromosikan dan mengembangkan usaha.

 

Untuk itu, hasil dari pelatihan ini adalah:

  1. Rencana usaha peserta
  2. Rencana kerjasama antar peserta pelaku usaha
  3. Rekomendasi kepada Universitas Brawijaya

 

  1.                                                                                               III.    Agenda  Pelatihan

 

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari hari Sabtu – Minggu, tanggal 9-10 November 2013 dengan jadwal seperti terlihat di lampiran A. 

 

  1.                                                                                                                                                                  IV.      Peserta

 

Peserta pelatihan ini berjumlah 98 orang mahasiswa yang merupakan tim yang telah diseleksi dan lolos mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha 2013 (PMW 2013) Universitas Brawijaya.

 

  1.                                                                                                                                                 V.      Metode dan Materi

 

Metode pelatihan ini mengadopsi proses pembelajaran orang dewasa, yang dilakukan dengan cara memberikan ceramah, memfasilitasi diskusi, curah pendapat, kerja kelompok dan permainan game bisnis.

Menimbang peserta berlatar belakang berbeda, baik dari segi yang telah menjalankan usaha dan yang belum menjalankan usaha, maka proses kerja kelompok dilakukan secara acak, sehingga memberikan experiment lain bagi peserta yang belum menjalankan usaha dengan yang telah menjalankan usaha.

Terdapat tiga tujuan pelatihan ini yaitu memberikan pengetahuan, melatih keahlian serta membuat peserta menyadari perlunya perubahan sikap. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan nara sumber internal hasil (Training of Trainer Start Your Green Business) ToT SYGB yang diselenggarakan oleh International Labour Organization (ILO), yaitu para praktisi dan akademisi yang ahli di bidangnya. Disisi lain salah satu materi Permainan game bisnis membuat peserta menyadari perlunya memiliki keahlian perencanaan usaha, penghitungan, menerapkan strategi pengembangan usaha serta berperilaku usaha yang baik (dapat bekerja sama, menjunjung etika usaha).

Sedangkan materi yang akan disampaikan dalam modul Start Your Green Business ini adalah:

Bab 1.  Apa Itu Usaha Ramah Lingkungan

Bab 2.  SIYB Game Modul 1

Bab 3.  Siapkah Anda Memulai Usaha?

Bab 4.  Rumuskan dan Analisa Ide Usaha Anda

Bab 5.  Telaah SWOT

Bab 6.  Rencana Pemasaran

Bab 7.  Hukum dan Aturan Usaha

Bab 8.  Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Bab 9.  Penetapan Biaya dan Harga

Bab 10.Perencanaan Keuangan

Bab 11.jenis dan Sumber Modal Awal

 

 

  1.                                                                                                                                                           VI.      Tim Pelatih

 

Pelatihan ini melibatkan tenaga professional dan telah mendapatkan sertifikasi dari ILO (International Labour Organisation) dalam pengembangan modul Start Your Green Business (SYBG), yaitu:

  1. Ahmad Rizal Jamhari, S.TP (pelaku usaha-perusahaan M-Brothers Group)
  2. Heni Lestari, Amd (pemilik Wihasta)
  3. Arif Firmansyah, SE., MM., CPI (akademisi dan pelaku usaha)