Banyak sekali media yang membahas pentingnya percaya diri, bahkan sampai-sampai banyak sekali lembaga pendidikan non formal yang memberikan pelatihan cara meningkatkan percaya diri. Rasa percaya diri sangat berperan bagi Wirausahawan dalam mencapai kesuksesan. Permasalahannya apakah sekarang anda termasuk orang yang percaya diri?

Apabila anda tidak mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, maka kemungkinan anda untuk menjadi pengusaha sukses akan sangat kecil sekali. Coba perhatikan siklus berikut ini :

Percaya diri => tindakan => sukses => Jejak Sukses => Percaya diri

Tampak pada siklus diatas dengan sikap percaya diri kita akan bertindak yang mengarah dan menghasilkan buah kesuksesan. Kualitas tindakan kita sangat bergantung dengan besarnya percaya diri yang kita miliki, semakin besar maka semakin bagus. Kalau sangat besar kemungkinan sukses akan semakin besar. Selanjutnya kesuksesan yang kita raih akan menghasikan jejak sukses dalam pikiran kita. Dan selanjutnya jejak sukses akan menghasilkan percaya diri lagi, begitu lah siklus yang berlangsung dalam pikiran kita. Sekarang coba perhatikan juga siklus berikut :

Rendah diri => Tidak ada tindakan => tidak ada hasil

Rendah diri => Tindakan tidak optimal => Hasil tidak optimal

Tampak jelas pada siklus diatas bahwasannya rendah diri menyebabkan kita tidak bertindak sama sekali sehingga tidak ada hasil karena memang kita kita tidak bertindak. Rendah diri juga bisa saja menyebabkan kita bertindak tetapi tindakan yang kita lakukan tidak optimal, sehingga hasilnya pun tidak optimal. Rendah diri juga bisa menyebabkan kegagalan dalam berbisnis dan pada akhirnya juga akan menimbulkan jejak gagal seperti siklus sebagai berikut :

Rendah diri—>Tindakan—>gagal—>Jejak Gagal

Sekarang coba ada jawab denga jujur dalam hati beberapa pertanyaan berikut ini :

  1. Apakah anda tidak memiliki sesuatu keinginan, tujuan, target yang diperjuangkan ?
  2. Apakah anda tidak memiliki keputusan melangkah dengan kata lain decissive (mengambang) ?
  3. Apakah anda mudah frustasi atau menyerah ketika menghadapi masalah atau kesulitan (Kurang termotivasi untuk maju) ?
  4. Apakah anda  sering gagal dalam melakukan tugas atau tanggung jawab ?
  5. Apakah anda canggung dalam menghadapi orang ?
  6. Apakah anda tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan mendengar yang meyakinkan dengan baik ?

Kalau ternyata kebanyakan anda menjawa ia, berarti anda termasuk orang yang tidak percaya diri atau kurang percaya diri.

Bagi anda yang tidak percaya diri atau kurang percaya diri, berikut tips cara meningkatkan percaya diri  :

  1. Selalu berpikir positif dan jangan berpikir negatif terhadap apa yang ada pada diri anda dan tanamkan keyakinan bahwa anda lebih baik dari apa yang anda pikirkan.
  2. Selalu memberi afirmasi postif kepada diri anda dengan demikian akan merangsang conscious mind (pikiran sadar) dan sub-conscious mind (pikiran bawah sadar) yang mampu meningkatkan keyakinan anda dalam melakukan tindakan.
  3. Cari dan temukan lingkungan yang dapat membantu self esteem / percaya diri anda berkembang dengan memperbanyak membaca buku-buku positif ataupun buku tentang motivasi dan bergaullah dengan orang-orang yang positif.
  4. Tentukan arah dan tujuan hidup anda dengan membuat goal-goal kecil yang akan mengantarkan anda mencapai tujuan karena sebuah goal besar merupakan rangkaian dari goal-goal kecil yang anda capai.
  5. Jangan menunda untuk melakukan tindakan karena dengan tindakan akan membuat keyakinan semakin kuat.
  6. Sikapilah kegagalan dengan bijaksana karena tidak menjadi masalah seberapa sering anda gagal yang penting seberapa sering anda bangkit dari kegagalan.

Jadilah orang yang percaya diri! Kalau sobat belum memiliki caranya maka belajarlah jadi percaya diri. Banyak-banyak lah membaca buku tentang percaya diri.

Semoga kata mutiara ini dapat menjadi pemicu spirit anda dalam menggapai kesuksesan :

“JANGAN MENYERAH KARENA LELAH, BIARKAN LELAH MENGAJARI KITA SAMPAI LELAH”

Sumber zona pengusaha.com