1. Wirausaha itu independen, tidak tergantung dan mengandalkan orang lain. Selalu mengedepankan kejujuran dan tanggung jawab.  jangan selalu bertanya “apa yang akan aku dapatkan?” tapi mulailah dengan pertanyaan “apa yang dapat aku berikan/lakukan?”

 

    1. Mempunyai sense of belonging yang tinggi pada organisasi/perusahaan tempat kita bekerja. Mampu berkomitmen, mampu bermitra dan bekerjasama. Orang yang memiliki sense belonging yang tinggi terhadap sesuatu akan terus berusaha melakukan yang terbaik. Penilaian semata-mata bukan dari atasan tapi dari kinerja diri sendiri. Kinerjanya akan sama ketika ada atasan atau tidak. Dia mampu melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan memperbaikinya.

 

    1. Tidak berhenti mengembangkan diri. Wirausaha sejati selalu bertumbuh bersama-sama, tidak terobsesi untuk sukses sendirian.. Seorang wirausaha sejati tak pernah berhenti untuk mengembangkan diri, ia mampu memanfaatkan peluang yang berpotensi untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Keuletan, kecermatan dan kedisiplinan adalah hal-hal yang harus dikembangkan terus menerus oleh seorang wirausaha sejati.

 

    1. Berani mengambil keputusan. Mampu menganalisa berbagai permasalahan dan mempertimbangkannya secara bijak. Berani mengambil resiko demi sebuah kebenaran. Suatu waktu dia mampu mengambil alih kontrol terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul pada saat dibutuhkan dan bertanggung jawab atasnya. Dia tidak takut salah dan dipersalahkan, baginya salah adalah salah satu cara untuk belajar menjadi benar..

 

    1. Dare to be Fail (Berani gagal) adalah salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha, berani gagal artinya ketika gagal dia menganngap positif terhadap kegagalannya itu. Kegagalan bukan lah suatu kehancuran atau akhir dari karir atau kehidupannya. Kegagalan dijadikan sebagai titik balik yang membuat ia semakin kuat dan bangkit. Kegagalan adalah pelajaran yang sangat berharga baginya, dan menjadi tolak ukur bagi usahanya di masa yang akan datang.

 

  1. Menciptakan Nilai, bukan sekedar uang. Ini yang paling penting, bahwa segala sesuatu tidak harus diukur dengan materi. Wirausaha sejati tidak pernah berpikir bahwa apa yang telah dia cepai adalah semata-mata hasil usahanya sendirian.

Singkatnya, Wirausaha itu adalah suatu sikap Menciptakan, Menumbuhkan dan Menebar Manfaat terhadap sesuau yang kita geluti, apa pun itu bidangnya,