Percaya tidak, jika terkadang pelanggan membeli produk Anda bukan karena mereka ingin, tetapi karena ada dorongan emosional yang muncul setelah melihat produk Anda? Ada banyak faktor yang dapat membuat sifat emosional mereka muncul, seperti bentuk, warna, rasa, bau, ataupun mereknya. Itu menandakan jika semua aspek dalam produk yang Anda jual memiliki nilai emosional yang dapat diterima oleh pelanggan. Merek menjadi salah satu diantaranya. Betapa besar peranan merek dalam penjualan produk Anda. Lalu, bagaimana membuat pelanggan Anda mencintai dan terus mencari merek produk Anda? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Pelayanan terbaik

Apalagi selain kualitas produk yang baik yang mampu membuat pelanggan mencari dan terus kembali mencari merek Anda selain pelayanan terbaik yang diterima. Buatlah mereka menjadi raja di setiap produk atau merek yang Anda tawarkan. Berikanlah pelayanan yang ramah dan profesional terhadap setiap pelanggan Anda. Layani mereka dengan kemampuan terbaik Anda. Tunjukkan jika memang merek Anda berhak untuk mereka cari lagi.

2. Terus koreksi kesalahan

Menghindari kesalah bukanlah hal yang selalu dianggap baik dalam menciptakan merek yang terbaik. Karena sebenarnya mengoreksi dan memperbaiki setiap kesalahan adalah yang diharapkan mampu menjadi pelajaran. Teruslah koreksi merek produk Anda. Pelajari setiap target pasar yang ingin Anda capai. Pastikan merek Anda mampu diterima dan bertahan cukup lama di pasaran. Koreksi setiap kesalahan dengan anggota tim Anda. Karena merekalah yang juga menjadi faktor merek Anda dapat beredar di pasaran.

3. Buatlah konten yang briliant

Membuat sebuah konten yang menggambarkan merek Anda memang sangat diharuskan. Terlebih ketika Anda mulai merambah dunia toko online yang tentunya memerlukan website toko online yang secara otomatis juga membutuhkan konten – konten yang menarik. Banyak yang menyarankan untuk toko online sebaiknya kita membuatnya sendiri atau meminta bantuan mereka yang ahli membuat sebuah website. Karena ketika kita membuat website toko online kita sendiri, kita bisa memberikan dan menambahkan berbagai konten yang kita inginkan. Berikan konten yang menarik dan juga menjual.

4. Membangkitkan emosi

7 dari 10 pelanggan akan membeli produk Anda karena didorong rasa emosional mereka ketika melihat produk yang Anda tawarkan. Menurut Zig Ziglar “Pelanggan tidak membeli dengan alasan yang logis, mereka membeli dengan emosional sebagai alasannya”. Berikan rasa emosional terhadap pelanggan salah satunya melalui website toko online Anda, konten didalamnya, warna yang Anda gunakan, dan lain sebagainya. Buat mereka ingin dan terus ingin kembali membeli produk Anda.

5. Kurangi janji & banyaklah memberi

Berikan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Sebuah janji memang diperlukan untuk menarik perhatian dan juga simpati dari pelanggan Anda. Tetapi tidak untuk menjadi suatu kebudayaan yang tidak Anda terapkan. Berikan janji seperlunya saja dan fokuskan untuk mewujudkan janji tersebut. Pelanggan tidak akan kembali melirik merek atau produk Anda, ketika mereka tahu Anda hanya memberikan banyak janji tanpa menepatinya.

6. Mintalah feedback dan dengarkanlah

Apakah Anda tahu jika kita mendengarkan orang lain maka pengaruhnya akan sangat besar bagi diri kita sendiri? Begitulah yang sebaiknya diterapkan oleh setiap pemilik bisnis, ketika mereka ingin pelanggan kembali membeli produk mereka. Anda harus belajar menjadi seorang pendengar yang baik untuk pelanggan Anda. Mintalah feedback untuk produk ataupun layanan yang Anda berikan. Jangan malu untuk meminta dikritik dan saran untuk kelangsungan bisnis dan perkembangan merek Anda. Karena ketika kita mampu mendengar apa yang diinginkan pelanggan, mereka juga akan merasa dihargai dan tidak ragu untuk kembali.

 Jadikan setiap pelanggan Anda menjadi yang nomor satu dalam bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk mereka. ;-)

Sumber vivalog